Minggu, 19 Oktober 2014

Tugas 1 Softskill - LINGKUNGAN BISNIS

  • Menjelaskan konsep tentang batas-batas organisasi
Semua bisnis beroperasi dalam satu lingkungan eksternal yang terdiri dari segala sesuatu di luar batas-batas organisasi yang mungkin mempengaruhinya. Batas organisasi adalah batas yang memisahkan organisasi dari lingkungannya. Sebuah gambaran lengkap tentang lingkungan organisasi perusahaan akan mencakup unsur-unsur berikut: kondisi ekonomi, teknologi, pertimbangan politik-hukum, isu sosial, lingkungan global, isu tanggung jawab etis dan sosial, lingkungan bisnis itu sendiri, dan sejumlah tantangan dan peluang yang muncul.
 
  • Menggambarkan lingkungan teknologi dan perannya dalam bisnis
Teknologi merujuk pada semua cara yang digunakan perusahaan untuk menciptakan nilai bagi konstituen mereka, termasuk pengetahuan manusia, metode kerja, peralatan fisik, elektronik dan telekomunikasi, serta berbagai sistem pengolahan. Teknologi diterapkan dalam organisasi tetapi berasal dari lingkungan umum. Ada dua kategori umum dari teknologi yang berhubungan dengan bisnis: teknologi produk dan jasa serta teknologi pengolahan bisnis.

Teknologi proses bisnis digunakan untuk memperbaiki kinerja perusahaan pada operasi internal (seperti akuntansi) dan membantu menciptakan hubungan yang lebih baik dengan konstituen eksternal, seperti pemasok dan pelanggan. Perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah sistem informasi skala besar untuk mengorganisasi dan mengelola proses perusahaan sepanjang lini produk, departemen, dan lokasi geografis. ERP menyimpan informasi tentang kegiatan. Mengoordinasi operasi internal dengan aktivitas-aktivitas oleh pemasok luar dan pelanggan, dan menghasilkan laporan keuangan dari menit ke menit.
 
  • Mengidentifikasi munculnya tantangan dan peluang dalam lingkungan bisnis
Bisnis dewasa ini lebih rumit dan menuntut dibandingkan sebelumnya. Perusahaan yang lebih berhasil telah menggunakan cara-cara baru dalam menanggapi tantangan-tantangan ini. Mereka mendefinisi ulang batasan batasan tradisional, menggabungkan semuanya untuk mengembangkan barang dan jasa. Mereka berfokus pada kompetensi inti mereka keterampilan dan sumber daya yang mereka gunakan untuk dapat bersaing dan menciptakan nilai bagi pemiliknya. Cara-cara inovatif yang dipakai perusahaan dalam menanggapi tantangan dan peluang yang bermunculan mencakup outsourcing, viral marketing dan manajemen proses bisnis.
 
  • Menjelaskan pengaruh masalah-masalah tanggung jawab sosial dan etika terhadap bisnis
Bagi para pelaku bisnis kecil, isu etika adalah persoalan tentang etika individual. Tetapi dalm pertanyaan tentang tanggung jawab sosial, mereka harus menanyakan diri sendiri apakah mereka dapat menghasilkan suatu agenda sosial, misalnya mensponsori tim baseball Little League atau memberi sumbangan pada United Way. Mereka harus juga menyadari bahwa para manajer di semua organisasi menghadapi isu etika dan tanggung jawab sosial.
 
Sumber : BISNIS, Edisi 8, Jilid 1 oleh Ricky W. Griffin dan Ronald J. Ebert

0 comments:

Posting Komentar