Minggu, 07 April 2013

Analisa dan Komparasi Parameter pada Web

Analisa dan Komparasi Parameter pada Web

The “Webometrics Ranking of World Universities” (http://www.webometrics.info) adalah sebuah inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan penelitian publik terbesar di Spanyol. Cybermetrics Lab sendiri dikhususkan untuk melakukan analisis kuantitatif Internet dan Web Content, khusus yang berkaitan dengan proses generasi dan komunikasi ilmiah dari pengetahuan ilmiah. Motivasi dasar dari Cybermetrics Lab adalah mendorong penggunaan website sebagai media promosi institusi pendidikan tinggi guna mencerminkan secara keseluruhan tentang institusi pendidikan tinggi itu sendiri. Sistem ini mulai dikenalkan ke khalayak Umum pada Tahun 2004 yang lalu.

Perangkingan Webometrics dipublikasikan setiap 6 bulan sekali yakni pada bulan Januari dan Juli. Perengkingan didasarkan pada Visibility (V), Size (S), Rich Files (R), dan Scholar (Sc). 

  • Visibility (V) merupakan jumlah total tautan situs eksternal (backlink) yang secara unik mencantumkan alamat website universitas dan terdeteksi Search Engine. Bobot untuk Visibility adalah terbesar dari semua kategori yaitu 50%.
  • Size (S) merupakan jumlah halaman elektronik dalam suatu website universitas yang terindeks oleh 4 (empat) mesin pencari yaitu : Yahoo, Google, Live Search dan Exalead. Komponen ini mempunyai bobot 20%. 
  • Rich Files (R) merupakan jumlah muatan file dalam suatu website universitas dan terindeks oleh Google. Ada 4 (empat) macam file yang masuk dalam kategori ini, pertama adalah Adobe Acrobat (*.pdf), PostScript (*.ps), Microsoft Word (*.doc) dan Microsoft Power Point (*.ppt). Kategori ini mempunyai bobot penilaian sebesar 15%. 
  • Scholar (Sc) merupakan jumlah publikasi elektronik baik berupa jurnal, academic report dan academic itemlainnya dari suatu website universitas dan terindeks oleh scholar.google.com. Kategori ini mempunyai bobot 15%.



Interactivity :

Bersifat interaktif disini dalam pengertian memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna website. Pengunjung akan segera meninggalkan website kita jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website kita. Berikanlah informasi yang cukup pada halaman website Anda mengenai isi website tersebut seperti judul yang cukup jelas dibaca dan menginformasikan isi halaman website Anda. Berikan tautan (link) yang menuju halaman-halaman lain pada website Anda.

Tempatkan tautan ini pada tempat yang mudah dijangkau dan jelas terlihat. Hindari pemuatan tautan yang menuju halaman website yang masih dalam pengembangan. Sebagai alternatif, berikan pesan yang menyebutkan bahwa halaman tersebut akan dapat diakses pada jangka waktu tertentu. demikian juga dengan penggunaan warna yang tidak sesuai dapat menyulitkan pengunjung dalam memperoleh informasi yang diinginkan. Sebaiknya cantumkan juga identitas nama anda dan motivasi anda menulis sehingga pengunjung dapat menjalin komunikasi dengan anda melalui jejaring sosial dan email.

Pada bahasan kali ini, saya akan membandingkan dua buah situs website berdasarkan penilaian parameter Visibility dan Interactivity, yaitu (http://diploma.gunadarma.ac.id/tk/) dan (http://diploma.gunadarma.ac.id/mkeuangan/). Untuk melihat visibility suatu link kita dapat menggunakan http://www.majesticseo.com/reports/site-explorer .
 


Perhitungan Visibility untuk http://diploma.gunadarma.ac.id

http://diploma.gunadarma.ac.id

Perhitungan Visibility untuk http://diploma.gunadarma.ac.id

diploma.gunadarma.ac.id
Kesimpulan dan saran :
  • Untuk site diploma.gunadarma.ac.id/mkeuangan/ sudah lebih baik dari site diploma.gunadarma.ac.id/tk/.
  • Sebaiknya lebih dimanfaatkan kembali fasilitas yang ada agar pembaca bisa lebih tertarik.
Sumber :
https://www.bersosial.com/topic/360/kriteria-website-yang-baik-dibahas-lengkap-di-sini
http://kalagondank.wordpress.com/2013/02/09/sistem-pemeringkatan-website-universitas/

0 comments:

Posting Komentar